PANGJAJAP

Hayam rintit nonggeng kalangit..........
Kalong naon nu bisa maen bola.........
Kuda naon nu teu bisa lumpat............
Minyak naon nu rame...................

Banyak nya tebak – tebakkan dari daerah asal sunda yang biasa di sebut dengan “Tarucing” adalah salah satu dari banyaknya kebudayaaan yang ada di tanah sunda. Selain permainan tradisionalnya yang sudah membumi di tanah sunda ini, seperti, gantar, ucing – ucingan, bebentengan, dll.
TARUCING ON THE STREET adalah sebuah acara yang akan membudidayakan salah satu kebudayaan dari sunda tersebut, dan di kemas dengan sebuah acara program televisi (Reality show). Tanpa harus dengan cara seperti mengajarkan, TARUCING ON THE STREET hadir dengan cara komedi / Quis langsung di jalanan, dan bertanya kepada orang – orang / pengguna jalan / pengunjung (target), tentang tarucing yang ada di tanah sunda ini. Juga, menanyakan tentang permainan khas asal sunda, dan menyuruh para target untuk memperagakkannya. Dengan demikian masyarakat menjadi teringat kembali akan budaya nya, di mana budaya tersebut sudah hampir terlupakan dan lenyap di karenakan munculnya permainan – permainan modern.
Seperti faktanya yang sudah jarang sekali kita melihat orang – orang atau anak – anak mempermainkan kebudayaan ini di manapun itu. Walaupun ada saja yang masih mempermainkannya, itu hanya menjadi minoritas saja. Oleh karena itu kita —orang – orang sunda— harus berusaha agar kebudayaan ini tidak menjadi sejarah saja tetapi terus ada dan tidak akan ‘tidak pernah ada’.
Hingga akhirnya kebudayaan sunda tidak menghilang dari tanahnya sendiri. Dan tetap abadi hingga akhir zaman yang tidak akan termakan oleh permainan – permainan modern yang ada seperti saat ini.
Terlepas dari itu semua, dukungan menjadi sangat penting bagi terlaksanakan nya acara TARUCING ON THE STREET. Baik itu dari instansi pemerintahan maupun instansi swasta yang berada di tanah sunda. Dan tidak menutup kemungkinan jika ada instansi – instansi di luar tanah sunda untuk ikut mendukung, demi terlaksanakan nya TARUCING ON THE STREET ini.
Dan untuk lebih jelas nya lagi mengenai TARUCING ON THE STREET, berikut kami paparkan penjelesannya.


MAKSAD SARENG TUJUAN


Seperti yang telah di utarakan sebelumnya, maka maksud dan tujuan dari TARUCING ON THE STREET ini adalah :
1.Mengenalkan / mengingat kembali kepada masyarakat tentang tarucing (tebak – tebak kan sunda), dan permainan khas sunda.
2.Membudidayakan budaya sunda yang sudah hampir lenyap dari kegiatan masyarakat sunda.
3.Menjunjung tinggi nilai – nilai kebudayaan sunda untuk di terapkan kepada masyarakat sunda yang sudah hampir melupakannya.
4.Mengangkat budaya sunda untuk di hadirkan kedalam bentuk reality show di salah satu stasiun televisi lokal.
5.Hiburan bagi masyarakat sunda atau dengan ini Bandung.
6.Pilihan salah satu program acara televisi yang bermanfaat di antara maraknya program – program tv yang sudah ada.
7.Mengajak para penonton untuk dapat ikut serta dalam membudidayakan budaya sunda.
8.Ikut meramaikan program tv reality show di televisi lokal yang ada di daerah jawa barat.



TENTANG ACARANA

A. Caritana
Reality show adalah sebuah jenis program untuk televisi yang di mana semua kejadian yang di tayangkan adalah nyata, atau dalam hal ini tanpa di rekayasa.
TARUCING ON THE STREET hadir dalam bentuk reality show yang di mana host (pembawa acara) dari TARUCING ON THE STREET hadir di tengah – tengah keramaian yang ada di sekitar kota Bandung. Lalu memberikan pertanyaan (tarucing) kepada pengunjung atau orang – orang yang ada di tengah keramaian tersebut. Dan jika jawaban yang di lontarkan oleh pengunjung adalah benar, maka pengunjung mendapatkan hadiah dari TARUCING ON THE STREET, baik itu berupa uang dan atau bingkisan dari pihak sponsor. Dan tidak hanya itu saja, pengunjung juga di berikan sebuah pertanyaan mengenai permainan tradisional khas sunda untuk di peragakan nya, jika permainan yang di peragakan benar pengunjung mendapatkan hadiah tambahan yang di sediakan oleh sponsor. Dengan reality show yang hadir dengan 5 host, TARUCING ON THE STREET akan terasa sangat meriah dan ramai, juga menimbulkan kelucuan – kelucuan karena kelakuan dari para host-nya yang tidak malu – malu untuk melakukan sesuatu yang aneh.

B. Panjangna acara

Lama nya acara ini untuk setiap episode-nya adalah 30 menit, di bagi menjadi 3 Segmen, dan 2 kali break iklan. Tayang 1 (Satu) kali dalam seminggu.

C. Target nu nonton

Target penonton dari TARUCING ON THE STREET adalah semua umur. Di mulai dari 10 – 70 tahun. Untuk penonton daerah Bandung dan sekitarnya.

D. Target TV

Target televisi yang akan menayangkan reality show TARUCING ON THE STREET ini adalah stasiun televisi lokal yang ada di Jawa Barat, yang mendukung keberadaan kebudayaan sunda secara penuh tanpa membatasi perkembangan dan pelestarian kebudayaan sunda.

E. Susunan acarana
Segmen 1
Pembukaan 5 Menit bumper, sapa, dan perkenalan
Pertanyaan 5 Menit bertanya kepada masyarakat sekitar mengenai tarucing yang telah di sediakan. Juga permainan khas asal sunda.
Break iklan 2 Menit
Segmen 2
Pertanyaan 5 Menit lanjutan dari segmen 1.
Break iklan 2 Menit
Segmen 3
Quiz & Baca Surat 6 Menit Tarucing untuk penonton di rumah.
Penutup 5 Menit Baca surat, pamit, credit title, bumper.

F. Anu nyandakkeun acara
Dadan Permana
Anda
Kodrat
Mila
Sheila

G. Anu di pengker layar
Produksi : Movieglad Pictures
Produser : Dadan permana, Dede Sunardi
Sutradara : Meidy Ahmad Harish
Unit manajer : Andri Dwi Putra
Pimpinan kreatif : Rizky C Sofyan
Kameraman : Arjuna Herdiansyah, Irfan Rachmansyah
Asst. Kameraman : Wimpy Windianto
Editor : Dede sunardi, Rizky C Sofyan

H. Biaya sa-episode-na
Peralatan
Kamera 2 Rp. 900.000
Mic 1 Rp. 250.000
Konsumsi
Makan Rp. 100.000
Minum Rp. 50.000
Akomodasi Rp. 50.000
Host 5 Rp. 500.000
Crew 8 Rp. 800.000
Merchandise / Hadiah Rp. 150.000
TOTAL Rp. 2.800.000

I. Promosi
Cara promosi yang di lakukan untuk dapat mengangkat acara Tarucing On The Street ini agar menjadi program tv yang di minati adalah dengan cara :
1. Pembuatan 500 Flayers
2. Commercial break pada televisi tempat adanya acara Tarucing On The Street.
3. Pembuatan merchandise seperti baju, mug, sticker, pin, dsb.


KERJA SAMA

Tim Tarucing On The Street juga mengadakan kerjasama dengan para instansi / perorangan yang ingin mendukung acara ini, baik berupa pengadaan merchandise, uang, hingga peralatan dan perlengkapan produksi, seperti, baju, kamera, lighting, mic, dsb. Dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Pihak kedua (Instansi / perorangan) mengisi dan menanda – tangani formulir kerjasama.
2. Pada saat penandatangan kontrak, pihak kedua memberikan 50% dari jumlah keseluruhan yang akan di berikan. Dan di lunasi selambat – lambatnya 2 minggu setelah penandatangan kontrak.
3. Logo dari pihak kedua akan di letakkan pada credit title.
4. Nama dari pihak kedua akan di sebutkan oleh host.


PENUTUP


Demikian penjelasan mengenai program tv TARUCING ON THE STREET. Besar harapan kami agar pihak bapak/ibu dapat mendukung acara TARUCING ON THE STREET ini demi kemajuan budaya sunda yang di miliki oleh Indonesia.

Atas perhatian bapak/ibu kami ucapkan terima kasih, karena tak ada ucapan yang paling berharga selain terima kasih.

Bandung, November 2008
Atas nama Movieglad Pictures,
Produser,
Dadan Permana
Dede sunardi


Berikan kami dukungan!!!